Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Aplikasi Yang Dibutuhkan Untuk Artikel Tutorial

4 Aplikasi Yang Dibutuhkan Untuk Artikel Tutorial - TutorialKeren.Com


Konten artikel tutorial menjadi salah satu konten menarik beberapa tahun terakhir. Terutama dengan tingginya pencarian untuk topik tutorial di berbagai platform berbeda. Untuk membuat artikel tutorial juga sebenarnya sangat mudah. 

Hanya dibutuhkan beberapa aplikasi saja untuk bisa membuat artikel tutorial terbaik. Serta dengan informasi paling lengkap.

Berikut ini merupakan 4 aplikasi yang bisa digunakan saat membuat artikel tutorial.

1. Aplikasi Screen Capture

Aplikasi pertama merupakan Screen Capture. Saat ini ada banyak sekali aplikasi Screen Capture yang bisa digunakan untuk membuat artikel tutorial. Tinggal dipilih saja mana yang sekiranya paling mudah untuk digunakan.

Selain untuk mengambil gambar tangkapan dari layar, aplikasi Screen Capture yang dipilih sebaiknya juga bisa merekam video. Pasalnya bukan tidak mungkin untuk artikel tutorial nanti akan membutuhkan panduan lebih lengkap melalui video. Adanya video pada artikel tutorial juga terbukti menjadikan panduan lebih mudah dimengerti pembaca.

Beberapa aplikasi Screen Capture yang bisa digunakan antara lain: Open Broadcaster Software, Apowersoft Online Screen Recorder, Screencast-O-Matic, dan lain-lain.

2. Video atau Photo Editing Tools

Software dan aplikasi berikutnya merupakan untuk editing. Seperti juga aplikasi Screen Capture, saat ini sudah ada banyak pilihan software untuk video dan photo editing tools. 

Saat memilih aplikasi editing mana yang tepat, pastikan tools tersebut setidaknya memiliki pilihan untuk crop dan menambahkan teks pada gambar maupun video. Kedua fitur ini yang paling penting dan banyak digunakan di dalam artikel tutorial nantinya.

Contoh aplikasi editing foto dan video seperti Adobe Photoshop, Blender, iMovies, dan lain-lain.

3. Aplikasi kamera

Saat membuat artikel, sering kali harus memperagakan secara langsung. Baik itu dalam bentuk foto atau video. Untuk itu aplikasi kamera akan sangat penting. 

Tidak itu saja, artikel tutorial pastinya lebih menarik serta profesional bila menggunakan foto yang diambil sendiri. Jadi jangan ragu untuk melakukan investasi dengan kamera dengan kualitas baik.

Aplikasi kamera saat ini juga ada di smartphone, dengan kualitas yang tidak kalah memuaskan. Gunakan aplikasi tersebut untuk membuat artikel menjadi lebih menarik.

4. Microsoft Words

Ini tentu saja menjadi aplikasi penting saat menulis artikel. Termasuk juga untuk artikel tutorial. Microsoft Words sampai saat ini masih menjadi aplikasi dokumen terbaik. Bukan hanya bisa memasukan teks, di Words juga bisa langsung menyertakan gambar, gif, video, dan lain-lain. Sehingga setidaknya memiliki gambaran tampilan artikel nantinya.

Membuat artikel tutorial sebenarnya tidak terlalu sulit. Aplikasi-aplikasi di atas pastinya akan membantu menjadikan pedoman di artikel tutorial lebih mudah dimengerti. Tentu saja aplikasi di atas juga disesuaikan dengan topik tutorial itu sendiri. Misalnya untuk tutorial memasak, aplikasi kamera dan editing video pasti lebih penting dari pada screen capture.

Sudah siap membuat artikel tutorial sendiri?

Post a Comment for "4 Aplikasi Yang Dibutuhkan Untuk Artikel Tutorial"